Pages

Senin, 14 Desember 2020

CARA MENYUSUN DAFTAR PUSTAKA / REFERENSI DENGAN MENDELEY

 

CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA DENGAN APLIKASI MENDELEY

 

 Mendeley adalah aplikasi yang membantu kamu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu tidak akan lagi kesulitan dalam membuat sitase. Kamu masih pakai cara manual dalam penyisipan sitase dan pembuatan daftar pustaka. Mendeley ini merupakan salah satu aplikasi wajib buat para mahasiswa, khususnya bagi mereka yang sedang menulis artikel ilmiah, jurnal, skripsi, tesis maupun disertasi.

Dengan menggunakan aplikasi Mendeley, daftar referensi yang jumlahnya banyak tersebut dapat diatur dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah-nya:

1.  Unduh dan Install Aplikasi Mendeley

a.   Aplikasi dapat diunduh dengan menuju ke halaman: http://mendeley.com/ dan meng-klik tombol “Download” pada bagian kanan atas.

 



b. Setelah proses pengunduhan selesai, jalankan program installer dari Mendeley.


 

c. Setelah proses instalasi selesai, klik tombol “Finish” dan jalankan program Mendeley.



  1. Pembuatan Account Mendeley

a. Untuk mulai menggunakan Mendeley, Anda akan diminta untuk membuat akun Mendeley terlebih dahulu. Proses pembuatan akun dapat dituju dengan meng-klik tombol “Register” pada aplikasi Mendeley.


b. Anda akan diarahkan ke website Mendeley untuk proses Registrasi. Masukkan informasi yang dibutuhkan untuk proses ini.



c. Jika proses Registrasi sudah selesai, Anda akan dibawa menuju ke halaman yang sudah ter-login. Selamat! Anda telah berhasil membuat akun Mendeley.


 

  1. Login dengan Menggunakan Akun Mendeley ke Aplikasi Mendeley Desktop

a. Masukkan informasi “E-mail” dan “Password” dari Akun untuk masuk ke aplikasi Mendeley Desktop. Klik “Sign In” setelah semua informasi telah dimasukkan.


b. Aplikasi Mendeley akan mengeluarkan tutorial awal yang dapat Anda ikuti atau “Close”


c. Jika Anda sudah melihat tampilan ini, selamat karena Anda sudah berhasil log-in.


 

  1. Mulai Memasukkan Referensi ke Aplikasi Mendeley

a.    Memasukkn File PDF ke Aplikasi:

File PDF dapat dimasukkan dengan cara mengklik tombol “Add” pada kiri atas. Pada jendela yang terbuka, cari file PDF yang ingin dimasukkan ke dalam aplikasi Mendeley. Jika sudah terpilih, maka klik “Open”.




Aplikasi Mendeley akan secara otomatis mengambil data-data yang ada pada file tersebut dan menampungnya pada tab “Details” di kanan.



b. Memasukkan Data Referensi dari Google Scholar

Selain melalui PDF, Anda juga memasukkan data referensi dari Google Scholar. Setelah mendapatkan file “scholar.ris” dari Google Scholar, tekan tombol “Add” pada kiri atas layar.Pada jendela yang terbuka, cari file tersebut. Jika sudah terpilih, maka klik “Open”.


 

Aplikasi Mendeley akan secara otomatis mengambil data-data yang ada pada file tersebut dan menampung-nya pada tab “Details” di kanan.



c. Memasukkan Data Referensi Secara Manual

Jika data yang ingin dimasukkan adalah dari artikel / website, Anda bisa memasukkan data tersebut secara manual. Caranya adalah meng-klik tanda segitiga yang ada disamping tombol “Add” dan memilih tombol “Add Entry Manually”


 

Sebuah jendela akan muncul dan Anda dapat mengganti media referensi sesuai dengan yang Anda inginkan. Contohnya adalah “web page”. Masukkan semua informasi yang dibutuhkan dan klik “Save”.




d. Setelah disimpan, artikel web-page tersebut akan masuk ke halaman Mendeley.


Dengan menggunakan keempat cara tersebut, Anda dapat menambahkan referensi sebanyak apapun yang Anda mau. Selain data informasi dari artikel/web page dan meta-data, Anda juga bisa mengupload file PDF/Word. Sehingga Anda bisa langsung membuka file tersebut dengan Mendeley, tanpa harus melalui Windows Explorer. Artikel yang memiliki file PDF/Word ditandai dengan icon disebelah kiri seperti ini:


5.   Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop
Jika tulisan-nya masih “Install MS Word Plugin”, berarti Anda belum menginstall-nya. Klik tombol tersebut untuk meng-install.


 

Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.


 

 

Setelah installasi berhasil, Akan terlihat jendela berhasil. Selain itu, tulisan “Install MS Word Plugin” akan berubah menjadi “Uninstall MS Word Plugin”.


 

Pada Microsoft Word, dibagian references, akan terlihat menu “Mendeley Cite-O-Matic”.


 

  

6. Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi


 

7. Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word
Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.




Klik tombol “Insert Citation” dan cari nama artikel yang ingin direferensi. Jika data yang ditampilkan sudah benar, klik “OK


 

Referensi akan secara otomatis muncul berdasarkan dengan “Style” referensi yang dipilih.

 


 

Lakukan hal tersebut untuk kedua atau lebih artikel lain-nya yang Anda ingin referensi.


 

  1. Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop
    Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.


 

Anda dapat memasukkan referensi-referensi lain-nya, dan list tersebut akan terupdate secara otomatis. Tetapi hanya artikel yang direferensi yang akan masuk ke dalam daftar pustaka (bukan semua artikel yang ada di Mendeley).

 

Semoga Bermanfaat

1 komentar: